Minggu, 13 Mei 2012

antara EMPATI dan SIMPATI

kita buka notes ini dengan kisah yang mengharukan ini yaaaaa..^^

karin baru saja mendengar berita bahwa orang tuanya kecelakaan, ibunya masih bisa selamat tapi ayahnya harus kehilangan nyawa. kontan hal itu membuat karin menangis meraung-raung (ga usah dipraktekin,,gpp..lanjut). Mira dan Fani sebagai sahabat mencoba menghibur. Mira ikut menangis melihat sahabatnya ini kehilangan ayahnya. sambil terus memeluk karin, mira menyusut air matanya yang ikut melelh di pipi sambil terus membisikan kepada mira untuk  beristigfar. sedangkan fani hanya diam saja sambil memeluk karin juga disisi satunya.
"Rin, kita bilang dulu sama pak Handoko ya kamu ijin ga ikut UTS.lalu kita kekosan siap-siap pulang ke bandung." ujar Fani tanpa ekspresi, mira yang mendengar hal itu langsung mendelik dan bersungut-sungut.
"UTS mah bisa nanti lagi ga usah bilang juga gpp, kamu ngerti dong perasaan karin."

oke..oke sampai situ dulu.mana yang termasuk EMPATI mana yang termasuk SIMPATI???
yup, jika kamu memihak Fani maka itu sama dengan EMPATI tapi kalau kamu memihak mira maka itu sama dengan SIMPATI.
mana sih yang lebih sering kita berikan???
jika bicara soal empati, mungkin kita terheran-heran dengan sikap fani yang gak ikut nangis (well, semua orang beda2 kan), malah ngomongin UTS dll, bukan berarti dia ga simpati loh.nah, kalo mira yang ikut menangis dan marah sama fani mungkin sering kita temukan.
siapa yang salah? gak ada yang salah sebenarnya tapi bagaimana kita bisa memposisikan diri.ada yang memang suka diberi simpati ada yang gak suka dan ada yang suka dikasih empati ada yang gak suka.
kalau boleh jujur status2 kawan-kawan kita di FB cukup representatif membuktikan apakah kita EMPATISM or SIPATISM. (maaf kalo salah istilah, hehe)
kita pun bisa melihat orang tersebut dari setiap jawaban atau koment yang ada.
kalo saya sendiri akhirnya sedang menyeimbangkan antara Empati dan Simpati (dulu saya simpatism loh,,tapi jadinya malah seolah kewajiban sesaat. ikut sedih lalu sudah itu selesai..hihihi maaaf yaa. saya belajar berubah deh..)
nah makanya buat boys n girls di luar sana. yuk belajar berempati dan bersimpati =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar