by Prasari Puspita Ariestyawati on Sunday, January 29, 2012 at 6:54pm ·
Inilah yang dikatakan sebagai ‘placebo effect’. Sebuah rasa sugesti. Sebuah perasaan lain dalam diri yang mempengaruhi penilaian kita di luar logika. Kasus di atas, sugesti itu muncul dari perbedaan penamaan obat. Obat dengan nama Pain killer membuat kita berfikir bahwa kejutan listrik tidak berpengaruh sedangkan pain booster mensugesti orang menjadi merasa lebih sakit dari sebelumnya.
nah,barulah saya ingat apakah benar saya gak pernah mendengar efek placebo ini.ternyata pernah yaitu tentang kisah seekor belalang yang terjebak di kotak kaca seluas 50 cm. semakin sering belalang melompat semakin sering pula dia terbentur kotak kaca sehingga belalang yang terbiasa melompat sangat tinggi akhirnya menjadi terbiasa melompat hanya sekitar batasan kotak kaca. atau mungkin kita familiar dengan cerita RANTAI GAJAH. mungkin karena ceritanya binatang jadi (buat aku) gak ngaruh banyak.
Seringkali kita tertipu dengan pikiran kita sendiri. seperti 2 kelompok mahasiswa yang diberi pil yang sama dengan sugesti berbeda ternyata hasilnya berbeda juga. cukup menarik jika ditelaah ya. Apakah kamu pernah tertipu dengan pikiranmu sendiri?? silakan jawab masing-masing dalam hati.=)
contoh lain Dalam kehidupan, kita selalu menghargai lebih pada sesuatu yang mahal, ‘the power of pricing’. Ternyata tanpa sadar terjadi ‘self fulfilling prophecy’. Anda yakin pada yang anda beli lebih mahal adalah yang lebih baik.
Karena itu anda bisa saja memanfaatkan hal ini sebagai strategi untuk menjual produk anda. Buatlah produk anda sedemikian rupa sehingga terasa wajar kalau djual mahal. Misal dari kemasan, promosi dan lainnya. Bila hal ini terjadi, produk anda dipersepsikan seolah-olah sebagai produk yang berkualitas tinggi. tapi jangan maksud menipu loh, pantaskan produk anda sesuai dengan harganya.
nah,kalo boleh saya sarankan berkunjung ke lapak BALIRA ^_^
semoga ada manfaat notesnya ^_^ kalo mw dishare silahkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar